Rabu, 02 Mei 2012

Tips membeli Laptop


Laptop atau Notebook/netbook sekarang udah bagaikan kacang goreng,  banyak banget yang punya karena memang mungkin tuntutan zaman juga tuntutan temen/pacar…hahahhahahahha..
oke, karena banyaknya peminat laptop maka banyak juga brand/merk merk laptop yang tersedia di pasaran, dan lemahnya orang Indonesia adalah gak pikir panjang k’lo membeli sesuatu, termasuk laptop,, nah makanya gw mau ngasih beberapa tips buat semua yang baru pada mau beli laptop..
J

1.       Sesuaikan dengan kebutuhan
Kegunaan laptop tuh banyak banget, buat work office, buat multimedia, buat mejeng.. :p, dll… nah kategoriin dh kalian mau beli laptop buat apa, k’lo Cuma buat kuliah atau office work, gak usah beli yang mahal-mahal atau bermerk bagus, cukup laptop yang standar aj, gak usah maksa nyari yang prosesor i3,i5,i7 segala, cukup prosesor dual core atau bahkan intel atom juga udah cukup, ram nya gak perlu yang 3gb keatas, cukup yang 1 gb aj. K’lo buat multimedia baru dh boleh nyari yang spek’a agak tinggi, kaya prosesor,  ram, sama VGA card juga yang udh ngikutin perkembangan zaman, dan yang paling penting, jangan beli laptop Cuma untuk maen game, kesalahan fatal banget, karena laptop itu bisa dibilang barang manja, cepet panas juga cepet rusak dan k’lo udh rusak, apalagi yang rusak kaya prosesor, motherboard atau hardware” vital lainnya, udh susah buat dibenerin, mending beli Desktop computer k’lo Cuma buat maen game.
2.       Berapa kekuatan kantong (budget)
Ini yang paling penting, all about money… :D berapa duit yang lw punya ????? 3jt ?? jangan harap bisa beli laptop i3, atau beli laptop merk Sony Vaio, paling mentok dapet hp atau Toshiba.
emang budget penting banget disini, k’lo lw punya duit banyak atau berlebih lw bisa beli laptop high class macam Sony Vaio atau Apple Macbook, k’lo kantong lw kantong mahasiswa yang pas – pasan (kaya gw)hehehehe silahkan nelen ludah ngliat orang” kaya pada pake laptop gambar apel..wkwkwkwkkwk tapi gpp, toh sekarang duit lw 3jt, lw beli laptop acer, lw pake buat kerja, dapet duit banyak, 3 taun, lw bisa beli Macbook air terbaru, dan si acer lw boleh loakin atau lw museumin sebagai tanda jasa.. :D :D
3.       OS (operating system)
Ini adalah software paling penting, setiap lw beli laptop pasti ada spek OSnya, terutama yang liat di internet pasti banyak macem OSnya, biasanya yang paling banyak tuh di kotak OSnya tertulis DOS, Windows 7 Starter Edition, dan Windows 7 Home Premium, nah k’lo udh gini mungkin banyak yang bingung..
Oke, pertama, k’lo OSnya itu dari awal Windows, kalian boleh bangga karena itu adalah OS original, sedangkan k’lo DOS itu berarti belum ada OS yang terinstal di laptop, jadi k’lo kalian nyalain tuh laptop yang muncul Cuma layar hitam DOS, k’lo udh gitu si penjual pasti bakal nanya mau diinstalin OS apa gak ?? pasti mau donk.. :p tapi jangan harap yang diinstalin itu OS asli, karena emang OS Windows asli itu lumayan mahal, yang Windows 7 Home Premium gw tau sekitar Rp.800.000, beuh, udah duit pas pasan suruh bayar lagi buat beli OS, ogah amat dh.. (-__-) nah trus gimana donk ??? ya gpp, minta instalin OSnya, tapi inget, bilang/tanya sama penjualnya udh d Crack atau belum ??? kenapa begitu ?? karena Crack itu sama aj kaya aktifasi windows, k’lo windows KW (:p) belum di crack, sebulan dia bakal minta crack sendiri dan k’lo gak di kasih dia bakal ngambek…hahahhaha bukan, maka laptop akan uninstall windows sendiri.
Jadi pastiin k’lo dapet windows KW, udah d crack/genuine, dan ada lagi k’lo menurut gw jangan beli OS Windows 7 Starter Edition, karena itu kaya Windows 7 versi ancur, banyak banget kekurangannya, salah satunya gak bisa ganti background desktop…
K’lo lw beli laptop apple, ya udahlah santai aj, dia pake OS Macintosh dan Macintosh pasti gak ada yang bajak.. :p (monopoli apple) :D
4.       Garansi
Nah ini juga penting, k’lo misalnya lw beli laptop yang merk dan asal usulnya gak jelas dan gak ada garansinya, ketika tiba tiba tuh laptop rusak, pasti langsung panic atau bingung, makanya pastikan k’lo lw beli laptop di tempat/took yang jelas, dan pastiin juga ada garansinya, minimal 1tahun, k’lo laptop Vaio biasa’a dia dapet garansi langsung dari pihak Sony’a, tapi gak tau k’lo merk lain, mungkin ada, kaya Asus yang katanya bergaransi 3 tahun, k’lo gak dapet garansi dari pihak brand/merk bisa juga dapet garansi dari took tersebut.
Ya, sssegitu aj dh tips yang gw tau dan gw bisa kasih buat semuanya, semoga bermanfaat dan menjadi reverensi buat semua.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar