Sabtu, 19 November 2011

Program Penjumlahan Matriks

Postingan pertama gw nih yang nulis sendiri, hahahahahah...:D
karena gw mahasiswa (bangga..wkwkwk) maka'a gw mau bkin postingan tentang kuliah gw, sekalian ngasih tau mahasiswa" laen yang jurusannya sama ma gw, maka'a join di blog gw (promo abis) hahahha...

Langsung aja ya, minggu ini gw dpet tugas bkin program c++ buat menghitung penjumlahan matriks, emang si tugasnya kelompok, tapi gw coba bikin sendiri, dan ternyata.......SUSAH banget, gw dh baca modul berulang-ulang, sampe mata n otak gw gak konek..wkwkwk, tapi setelah perjuangan yang sangat panjang (kaya sinetron) akhirnya gw bisa menyelesaikan tugas itu, walaupun gw belom tau itu bener apa gak, tapi gw yakin bener kok..hahahahahah


Nih dya listingnya..

#include <conio.h>

#include <iostream.h>

void main()

{

int i,j,kola,kolb,bara,barb;

int data1[25][25],data2[25][25],hasil[25][25];

char jawab;



do

{

clrscr();

cout<<"Program Penjumlahan Matrix"<<endl;

cout<<"======================================="<<endl;

cout<<endl;

cout<<"Input Matrix A "<<endl;

cout<<"Jumlah Baris Matrix A: "; cin>>bara;

cout<<"Jumlah Kolom Matrix A: "; cin>>kola;

cout<<endl;

cout<<"Input Matrix B"<<endl;

cout<<"Jumlah Baris Matrix B: "; cin>>barb;

cout<<"Jumlah Kolom Matrix B: "; cin>>kolb;

}

while ((kola!=kolb) || (bara!=barb));

cout<<endl;

for(i=1; i<=bara; i++)

{

for(j=1; j<=kola; j++)

{

cout<<"Data A ["<<i<<","<<j<<"]: ";cin>>data1[i][j];

}

}

cout<<endl;

for(i=1; i<=barb; i++)

{

for(j=1; j<=kolb; j++)

{

cout<<"Data B ["<<i<<","<<j<<"]: ";cin>>data2[i][j];

}

}

for(i=1; i<=bara; i++)

{

for(j=1; j<=kola; j++)

{

hasil[i][j] = data1[i][j] + data2[i][j];

}

}

cout<<endl;

clrscr();

cout<<"Hasil Penjumlahan Matrix A + Matrix B = Matrix C : "<<endl;

gotoxy(1,4);

cout<<"C = ";

for(i=1; i<=bara; i++)

{

for(j=1; j<=kola; j++)

{

gotoxy(2+4*j,1+2*i);

cout<<data1[i][j];

}

}

gotoxy(15,4);

cout<<" + ";

for(i=1; i<=barb; i++)

{

for(j=1; j<=kolb; j++)

{

gotoxy(16+4*j,1+2*i);

cout<<data2[i][j];

}

}

gotoxy(30,4);

cout<<" = ";

for(i=1; i<=bara; i++)

{

for(j=1; j<=kola; j++)

{

gotoxy(31+4*j,1+2*i);

cout<<hasil[i][j]<<" ";

}

cout<<endl;

}

getch();

}

nah, itu listingnya, silakan di coba sendiri di komputer/laptop masing"..hahahahaha
jangan lupa komen ya..:D:D 

1 komentar: